Berbagai Nubuatan dan wahyu dari Santa Birgitta
Buku 1 - Bab 1

Akulah Pencipta langit dan bumi, satu kesatuan dengan Bapa dan Roh Kudus. Akulah, yang bersabda kepada para kepala keluarga dan juga para nabi, yang mereka nantikan. Karena kerinduan kepada mereka dan sesuai dengan janjiKu, Aku menjadi daging, manusia, tanpa dosa dan tak bercacat cela, dengan cara memasuki rahim Perawan tersebut seperti sinar matahari menembus permata yang paling bening. Sama seperti sinar matahari tidak merusak kaca ketika sinar itu menembusnya, demikian juga halnya keperawanan Perawan Maria tidak hilang ketika Aku menjadi manusia. Aku menjadi daging, manusia, dengan cara demikian sehingga Aku tidak kehilangan keilahianKu, dan Aku tetap Tuhan – dengan Bapa serta Roh Kudus, tetap memerintah dan mengatur segala sesuatunya – walaupun Aku berada di dalam rahim Sang Perawan tersebut di dalam sifat manusiaku.. Sama seperti terang tidak bisa dipisahkan dari api, demikian juga KeilahianKu tidak pernah terpisah dengan kemanusiaanku, bahkan pada saat kematian sekalipun.

Setelah itu Aku mengizinkan tubuhKu yang murni dan tak berdosa dilukai dari kaki hingga kepala, dan disalibkan bagi penebusan dosa seluruh umat manusia. Tubuh yang sama pula dewasa ini ditawarkan setiap hari di altar sehingga umat manusia bisa lebih mengasihiKu dan lebih sering mengingat pengorbanKu yang sangat besar. Namun saat ini Aku sama sekali dilupakan, diabaikan, dibenci dan diusir sebagai raja dari kerajaaanKu sendiri dimana perampok yang sangat jahat dipilih dan dihormati untuk menggantikan Aku.

[Berbagai Nubuatan dan wahyu dari Santa Birgitta, Buku 1 - Bab 1]

Aku rindu sekali kerajaanku berada di lingkungan manusia, dimana Aku menjadi Raja dan Tuhan baginya, karena Aku telah menciptakan serta menebus mereka. Namun sayang, mereka telah melanggar dan mengabaikan iman mereka pada saat mereka dibaptis. Mereka juga telah melanggar serta menolak segala hukum serta perintahKu yang telah Aku tetapkan dan singkapkan pada mereka. Mereka mencintai kehendak mereka sendiri serta menolak mendengarkanKu. Selain itu, mereka meninggikan Perampok yang sangat jahat, Iblis, melebihi Aku, dan mereka juga memberikan iman mereka pada Perampok tersebut. Iblis itu sungguh seorang perampok, karena dia mencuri untuk dirinya sendiri, dengan cara melalui godaan yang jahat, nasihat yang buruk, serta janji janji palsu kepada para jiwa yang Aku telah tebus dengan darahKu. Namun Iblis tidak melakukan hal ini karena dia lebih kuat daripadaKu; karena Aku begitu kuasa sehingga Aku dapat melakukan segala sesuatunya dengan hanya melalui firman, dan begitu adil, meskipun semua orang kudus meminta padaKu, Aku tidak melakukan sedikitpun melawan keadilan.

Namun, karena manusia telah diberikan kehendak bebas, dengan kehendak bebasnya manusia menolak berbagai perintahKu dan mematuhi Iblis, benarlah mereka mengalami tirani dan kedengkian. Iblis ini diciptakan baik olehKu, akan tetapi jatuh karena kehendak jahatnya sendiri, dan telah menjadi, hambaku yang membalas dendamnya kepada para pekerja yang jahat.

[Berbagai Nubuatan dan wahyu dari Santa Birgitta, Buku 1 - Bab 1]

Namun, meskipun, Aku sangat dibenci, Aku masih maha rahim bagi siapapun yang berdoa memohon kerahiman serta merendahkan diri mereka serta mau berubah dan dosanya akan diampuni, dan juga Aku akan menyelamatkan mereka dari perampok yang jahat. - Iblis. Akan tetapi, bagi yang terus membenciKu, Aku akan memberikan keadilan pada mereka ,sehingga orang orang yang mendengarnya akan gemetar , dan mereka itu akan berkata : “Malang sekali , kami yang telah terlahirkan ! Wai malang , kita yang pernah memprovokasi Tuhan yang maha mulia sampai Dia marah!”

Namun, engkau, putriKu, yang Aku telah pilih sendiri , dan denganya Aku berbicara dalam Roh : “kasihilah Aku dengan segenap hatimu - tidak seperti engkau mencintai putra, putri atau orang tuamu, namun terlebih segala sesuatu di dunia ini – Karena Aku ,yang menciptakan engkau, tidak menyisahkan satupun bagian tubuhKu dalam penderitaan demi engkau ! Bagaimanapun, Aku sangat mengasihimu, daripada kehilanganmu, Aku akan mengizinkan diriKu disalibkan kembali, jika hal itu memungkinkan. Tirulah kerendahan hatiKu; karena, Aku, Raja yang mulia dan para malaikat, dikenakan pakaian yang lusuh, robek dan berdiri telanjang di kayu salib serta mendengar berbagai macam hinaan dan juga cemoohan dengan telinganKu sendiri. Selalu lebih menyukai kehendakKu daripada kehendakmu sendiri, karena bundaKu, Ibumu, telah, sejak awal sampai pada akhirnya, tidak pernah menginginkan hal selain apa yang Aku inginkan.”

Jika engkau melakukan hal ini, maka hatimu akan bersama hatiKu, dan hatimu akan terbakar dengan cinta kasihKu sama halnya sesuatu yang kering akan mudah terbakar oleh api. Jiwamu juga akan terbakar dengan cinta kasih dan terpenuhi dengan Aku, dan Aku akan berada di dalam kamu sehingga segala sesuatu hal duniawi akan terasa pahit bagimu dan semua nafsu duniawi terasa racun. Kamu akan berdiam di lengan KeilahianKu, dimana tidak ada lagi keinginan daging, yang ada hanyalah sukacita dan kenikmatan rohani yang mengisi jiwa gembira dengan kebahagiaan - baik di dalam maupun di luar – sehingga tidak lagi berpikir serta menginginkan hal selain sukacita jiwa Oleh karena itu cintai Aku saja ,dan engkau akan memiliki segala sesuatu yang engkau inginkan, dan engkau akan memilikinya secara berlimpah. Tidakkah tertulis minyak janda itu tidak berkurang sampai hari dimana hujan yang dikirim Tuhan turun ke bumi menurut para nabi? Akulah nabi sejati! Jika engkau mempercayai firmanKu serta mengikuti dan melaksanakannya, minyak – sukacita dan sorak sorai kegembiraan di dalam dirimu – tidak akan pernah surut selamanya.

[Berbagai Nubuatan dan wahyu dari Santa Birgitta, Buku 1 - Bab 1]